Lanjutan dari tulisan yang sebelumnya, tentang ‘muslim minoritas berpuasa’, seperti yg kita baca.. ceritanya jadi merentet ke nasib non muslim di Indonesia.
Nah temen gw bernama Sruny ini pun repost ini di notesnya. Gw salah orang yang di tag.
Gw dan beberapa orang yang di tag pun ikut berkomentar (termasuk Bayu dan Sruny)
berikut adalah komentar” yg ada di notes tersebut:
Mega Rizq
wah,Runny postingan u kali ni bgus bgt!Bsa membuka wawasan ttg muslim minoritas yg brpuasa d luar negeri.Debat komen Bpk2 di ats lmyn ‘parah’ jg.
Pi mnrt w toleransi beragama di Ind msh baik2 ja tuh.Toh agama lain msh dhrmati saat perayaan hr bsrY msg2.So far so good.
Yap,s7 bgt ma Runny.Puasa a ibdah qta dgn Allah swt,cm Dia yg tw bgmn niat n qta mnjlnkn puasa n ibdah lainy
Sun at 8:03pm
Fina Ardyarini Alamanda
pendapat gw : sebagai orang muslim, dakwah itu hukumnya WAJIB. kenapa mengaji (membaca kalimat paling benar yg ada dunia ini) ga boleh terang”an..??
beginilah org muslim jaman sekarang kemakan budaya luar..
gw justru banyak setuju sama si komentator nomor 2..
kalau setuju islam adalah agama yg mengajarkan kebenaran, kenapa takut dan ragu buat menyiarkannya??
wajar dong kalo di Indonesia suara Ramadhan menggema, kita kan salah satu bangsa muslim terbesar di dunia
apa org” yg komentar kalau suara adzan itu menggangu, mau islam jadi redup?
gw ga menyalhkan kang hasan.. wajarlah dia kan minoritas di sana,,
oia gw rasa Indonesia juga udah ga seislam dlu.. liat aja acara tv pas saur sama buka.. nilai keagamaannya makin berkurang.. malah mengarah ke sesuatu yg ga bener..
Sun at 8:24pm ·
Fina Ardyarini Alamanda
eh maksud gw komentator 1 di komentar ke 2 nya..
Sun at 8:35pm · Delete
Runny Landew
@mega : thx, hun..
@fina: iya, dakwah itu wajib!! tapi menjatuhkan karakter dgn menyalahkan berpuasa di negara nonmuslim itu lebih buruk dibanding di indon yg salah.. dimanapun kita puasa itu adalah cobaan dan bisa juga berkah..
org ke-1 itu bnar adanya jika bicara ttg keramaian ramadhan di indon, tapi logika dya gak moderat atau lebih tepatnya … tapi logika dya gak moderat atau lebih tepatnya gak tau pembelajaran toleansi antar umat beragama & bukan tipikal sosialis yg bisa beradaptasi *gomenasai… mari intropeksi aja dehhh .. capek gw baca komen2 org smacam bgitu ..
Sun at 8:56pm
Fina Ardyarini Alamanda
jangan bilang ‘indon’ srun.. itu panggilan malingsia buat kita, artinya kalo ga salah bangsa yg bodoh..
hmm.. gw banyak setuju bukan berarti semua setuju.. kan gw bilang, komentarnya dy yg kedua, bukan pertama..
kadang ilmu ppkn bisa bertabrakan dengan ilmu agama…..
lagian kalo orang non muslim mw terang”an juga syah” aja.. gw ga nyalahin..
yg parah itu karena suara adzan dsbg itu dianggep mengganggu..
kalau org muslim di jepang ngelaksanain puasa dengan menghormati mayoritasnya.. kenapa di Indonesia yg minoritas ga menghormati mayoritasnya juga.. thats the point
Sun at 9:07pm
Runny Landew
okeh, indonesia … klo malingsia gw jadi bisa naik darah .. INDONESIA BANGKITLAH !!
back to the case,, gni aja deh.. gak ush kita debatin antara muslim dan non-muslim yaa… mari kita bicarakan sesama muslim aja..
Tau NII ato ada aliran lainnya -ldii, ato apalah itu *maaf klo salah tulis,,gomen-
deket ama rumah kita, fin, di daerah duren sawit situ,, ada mesjidny,, bokap gw sbagai musafir yang udh tlat mau zuhur krn kena macet gak salah kan mau sholat.. tau apa yg mreka perbuat?? bokap gw gak dikasih sajadah, dan stelah bokap gw kluar dr Rumah ALLAH itu, lantainya, jejak2nya di-PEL ..
daerah Kebun jeruk, dket Binus,, ada wilayah NII,yg boleh masuk cuma mreka,, muslim yg lain tidak..
jadi, jgnkan monoritas yg non-muslim,, minoritas yg sesama muslim pun tidak bisa ertoleransi atas perbedaan yg mereka yakini,, klo aqidah sudah ternodai, kalau Nama Allah sudah dianggap sbelah mata,, MASYA ALLAH,, itulah tanda2 kiamat bukan??
Sun at 9:16pm
FinaArdyarini Alamanda
kayaknya ini udah out of the case deh srun.. hhe
kalo yg itu mah emang islamnya mereka aja yg ga bener..
yaa.. intinya sih gw sedih ngeliat org muslim berkomentar untuk menghormati non muslim, tpi agamanya sendiri ga dibela..
itu yg gw argumenin dari tadi..
mengingat jaman Rasululullah..kalau pemikiran untuk dakwah ga secara terang”an..masih yakin kalau kita bisa lahir dengan memilih agama islam? rata” kita kan islam karena turunan..
kalau masalah hormat menghormati sesama muslim itu kembali aja pada Al-Quran dan hadits.
Sun at 9:41pm
Runny Landew
“iya,, ironiny bgitu .. makanya dijadikan cobaan utk direnungi aja deh, dan bisa menjadi lebih baik lagi .. mungkin krn kluarga gw ada skitar 7%an yg non-muslim,, jdi gw mrasa toleransi itu juga penting,, hehe,, maaf ya, fin
.. tapi klo tinggal di wilayah non-muslim adalah keinginan (kyk gw cita2 mau keUK) atau krn pekerjaan, itu konsekuensi,, dan ya,, harus sabar dan tetp berpendirian kuat aja…
mari berdakwah!!! tapi klo gak digubris,,ya itu udh urusan dosa masing2 daaahhh ..
Sun at 9:36pm
jjkjoioi
Fina Ardyarini Alamanda
pamannya Nabi Muhammad juga non muslim srun..
kalo kata gw sih.. toleransi tu penting, tapi ada batesnya. Karena membela agama Allah lebih penting
Sun at 9:41pm
lRunny Landew
setuju !!!!!!!! tapi, masalahnya komen nya bapak2 aneh itu rada radikal yg rasis,, selain itu sih gpp,, itu aja mxd gw..
hahaha,,, PEACE… makanya gw pake gambar ISLAM kan!!!
Sun at 9:44pm
hhhhhh
Irvanu Rahman
kurang panjang srun….but, dari note lw, sdikit banyak pelajaran kesyukuran yang bs dipelajari bhwa kondisi di Indonesia lebih baik dalam mendukung ibadah di bulan puasa. diluar sengitnya perbedaan pendapat yg ada ya..hem
kkkkkkkkkkkkkk
Bayuwega Madyasta
quote of the day:
sama agama jgn terlalu fanatik. fanatisme terhadap agama membuahkan pembodohan.
-Bayuwega Madyasta-
utk fina, (eh ini fina tmn gw pas SMP bukan sih???) gw mw bertanya. gmn bs ilmu PPKn bertabrakan dgn ilmu agama? dmn kah sisi crash ny?
gmn bs org2 non-muslim mw terang2an,,klo g dihabeg sm org sekampung. yg gw maxudkan adalah (kebetulan gw blm nulis dsini) pengkebirian hak dan kepentingan org lain. sebener ny mereka “ada” yg terganggu dgn proses dakwah kita yg makin hari makin heboh. gw bs ngmng ini krn gw ud ngalamin langsung kejadian itu g jauh dr rumah gw. cuma sayang ny aspirasi mereka g pernah ditanggepin. boro2 ditanggepin.. jgn kan masuk kanan keluar kiri,,ini bahkan mental jek!! g masuk smskali.
Yesterday at 12:01am
Bayuwega Madyasta
mereka jg yg minoritas, mungkin sudah menghormati kita. tapi sayang ny ad tingkah dr bbrp oknum yg bikin mereka g simpatik lg sm kita. contoh ny, gereja di ancurin.
hallo.. kita bkn hidup d jaman nabi dulu. ud g jaman main perang2an. kita hidup di jaman modern mein freund… ad yg nama ny media diplomasi. klo misal ny g suka sm sswatu, coba omongin, slesaikan masalah dgn akal pikiran. itu jauh lebih gentle menurut gw.
Yesterday at 12:08am
Bayuwega Madyasta
lanjut,,soal toleransi antar umat beragama. memang benar apa ada ny bahwa toleransi ad batas ny. klo dr buku PPKn lo ud tw lah ya isi ny kya gmn. skrg kita bahas dr sisi ilmu agama (yg menurut lo crash). sejauh yg gw pernah baca dan dengar,,
“Batas toleransi antar umat beragama adalah saat dimana mereka mulai mengusik keimanan kita.”
also,,solange mereka tdk menanamkan nilai2 mereka sm kita, menurut gw sih itu g jd masalah.
di ulangan PPKn pun pasti pilihan yg salah adalah option yg menunjukan bahwa ad seorang anak yg mengajak anak lain utk ikt agama ny, ato mengganggu anak lain pas lg ibadah.
jadi?? ngga bertabrakan dong….?
Yesterday at 12:12am
Bayuwega Madyasta
@cunny: eh iye..!! gw jijik bgt sm mesjid yg kya gtu..!! emang mereka kira syp?!! kakak ny tmn gw jg gtu di bandung, abis solat, tmp sujud dipel. konon kabar ny di UI jg ad org kya gtu. abis ad org solat gtu, dilap pk saputangan bekas sujud ny. org2 itu berasa plg suci seantero dunia yah..!
mampus kan,,komen lo lngsng penuh dgn nama gw…
Yesterday at 12:18am
Puspita Nuari
@ Bayu (part 1):”Bentrok PKn dan Agama”
Ada contoh kasus yg unik. Salah satu guru SMP-ku (Lah? SMP kita juga dong?) ada yang tiap upaca gak mau melakukan gerakan hormat saat Merah Putih dinaikkan. Padahal kita tahu, dlm PKn kita diwajibkan untuk menghormati bangsa kita, meski hanya lambang negara yang berupa bendera. Aku yakin guru tersebut juga tahu hal itu.
Trus, mengapa beliau gak mengaplikasikan hal tersebut?
Waktu itu sih (seingatku), beliau bilang kalau menghormati bangsa dan negara tidak harus dengan memberi hormat kepada benda-tak-hidup karena tidak ada jaminan orang yang memberi hormat lebih nasionalis dibanding orang yang tidak memberi hormat.
Oke, mungkin alasan yang itu bisa saja hanya masalah prinsip beliau. Tapi ada satu alasan lagi, dan alasan itu berkaitan dengan keyakinan yg ia anut. Menurut beliau, memberi hormat kepada benda-tak-hidup sama aja kayak syirik.
Kalau dipikir-pikir.. ada benarnya juga sih.
Yesterday at 12:03pm
Puspita Nuari
Tapi itu kan pilihan. Tiap kepala punya pemikiran yang berbeda. Aku dan kamu aja bisa beda, apalagi kita dan mereka?
Ya…untuk saat ini, aku setuju sama Fina: agama nomor satu.
Jadi, Islam yg kuanut ini harus menjadi “mesin seleksi” untuk hal yg lain. Begitu.
(Ini pendapatku doang sih)
Yesterday at 12:09pm
Puspita Nuari
@ Bayu (part 2): ” Klarifikasi Masjid di UI”
Ehm (berdehem). Setahun aku kuliah di universitas tersebut, aku belum pernah dengar kabar kayak gitu. Aku juga beberapa kali salat di MUI (Masjid UI) dan…gak ada yg ngepel lantai masjidnya setelah aku salat. Ya…aku gak tau ya kalau di bagian ikhwannya gimana (soalnya aku kan salatnya di atas, cowok di bawah)
Lagian, maksud kamu itu, di masjid UI-nya atau musola fakultas? Soalnya di tiap fakultas ada musola sendiri. Kalo itu masih lebih mungkin deh karena memang, aku akui ada fakultas yang Islamnya ‘kuat’ banget. Tapi menurutku gak ada sih yg sampe se-lebay itu di UI…
(apalagi setahuku, musola2nya itu udah satu paket ma karpet-sajadah, jadi gimana mau dipel coba?)
Ya, tapi aku maafin kecurigaan kamu ini karena kamu juga kan masih pake ‘konon kabarnya’. PEACE! ^^
Yesterday at 12:19pm
Rifky Adhitya
gw mo komen sendiri aja ahhh…
sebenernya maknanya puasa ya itu, menahan godaan, godaan apapun yang datang…
kalo kita berada di suatu tempat yang memang mayoritas non-muslim ya sudah, itu menjadi resiko dan godaan tersendiri…
Allah juga bakal menilai kadar puasa kita lebih baik kalau begitu bukan, bukan begitu??
Yesterday at 1:05pm
nnnnnnnnnn
Bayuwega Madyasta
setau gw… yg nama ny syirik itu klo kita ‘percaya’ sm benda-tak-hidup selain Tuhan kita. lo tw lah percaya yg gw maxud dsini kya ap. klo lo percaya bahwa bendera merah putih bs ngasih lo rejeki, nah itu yg syirik.
gw setuju sih sm statement tu guru bahwa g hormat sm bendera g menjamin org lebih nasionalis. menurut guru SMA gw (lupa syp) hormat sm bendera itu budaya turunan jepang saat dulu kita djajah. jd klo kita g djajah jepang dulu, mungkin kita g bakal ad acara hormat bendera.
Hormat terhadap bendera itu hanya suatu bentuk penghormatan terhadap hal yg kita bangga kan ato kita anggap ‘lebih’ di atas kita. krn bendera adl lambang negara ato identitas kita.
sama aj kya lo menghormati ortu lo. cuma,,cara ny aj yg beda.
Yesterday at 4:27pm
Bayuwega Madyasta
-prajurit menghormati jendral ny jg dgn cara hormat.
-pegawai menghormati boss ny dgn cara memberi salam ato apalah,,cara tiap org klo itu sih beda2.
-anak menghormati ortu ny dgn cara cium tangan sblm pergi, pamit sblm pergi, bertutur kata slalu sopan.
-warga negara menghormati identitas ny sang merah putih dgn cara hormat bendera.
sbener ny tanpa hormat bendera pun klo misal ny lo tw bendera kita dibakar sm negara lain,lo pst marah kan?! itu menunjukan bahwa lo menghormati identitas kita itu. cm berhub kita dl dijajah jepang,,yaud deh ad yg nama ny hormat bendera.
klo dy bilang hormat sm bendera itu syirik, itu arti ny hormat sm ortu kita juga syirik dong..
mungkin dsitu slip ny.. mungkin kata2ny begini:
“percaya pd benda-tak-hidup adalah syirik. tapi hormat kepada benda-tak-hidup adalah wujud kebanggaan kita thd hal itu.”
klo lo bangga bgt sm kotak pinsil lo misal ny,,ya sok aj atuh dihormatin..! tp kan kya org kurang kerjaan.
gtu loh mbak e…..
Yesterday at 4:35pm
Bayuwega Madyasta
oiya..! soal mesjid UI..! ketinggalan. iya persis spt yg gw bilang itu cm ‘konon kabar ny’. kya ny sih bkn di musholla deh klo misal ny di musholla ad karpet ny.
wkt itu sih gw solat di MUI pk ubin doang. g ad karpet. dstu kali.. tp itu beneran gw cm denger desas desus doang. thx atas klarifikasi ny…
Yesterday at 4:41pm
Mega Rizq
@Bayu:masya allah Bay…ikt lmba debat aja lah pke b.Jerman,hehe…peace!pi bgus jg komen2nya.Y mang bener c fanatisme bsa jd bntk pembodohan,mrk yg ‘lebay’ jd buntu pikirany ma perbedaan d sqtar qta(pi afganisme bkan fanatisme lho!hahaha,g nymbung dh)pi sbg seorg muslim tnt wajib u membela agama qta.Tp opini yg lain msh wajar mnrt w.N mgkn mrka puny opini yg agk bda ma U,trmalah.
Yesterday at 7:37pm
,,,,,,,,,,,,
iiiiiiiii
Fina Ardyarini Alamanda
ajigile,, udah banyak aja ni comment..
hhe..iya bay..ni temen SMP lo..
hmm.. gw bahas ya.. jadi gini bay..yg menurut gw bentrok pkn sama agama itu kalau seandainya toleransi umat beragama dalam definisi lo adalah..ga boleh melaksanakan ibadah secara terang”an..
kenapa adzan musti pake speaker? ya iayalah bay.. kalo ngga,syp yg tw waktu solat dan dateng ke masjid..
segala kegiatan di masjid itu pake speaker bukan karena mereka mw pamer..”ni gw islam. agama mayoritas lagi ibadah lho..” Bukan gtu bay.. tapi semua itu ajakan org islam spy mereka ngelaksanain ibadah di masjid. Apalagi ajaran solat berjamaah di masjid itu sangat dikuatkan untuk kaum pria oleh Rasululllah. Kalo ga pake speaker, gmana bisa tw klo ud masuk waktu solat.
Yesterday at 7:58pm · Delete
Fina Ardyarini Alamanda
trus soal ngaji pake speaker.. kalau malem” abis bada isya atau menjelang waktu subuh sih masih wajar.. Karena jumlah pahala org yg menyimak sama yg membaca itu sama besarnya.Makanya di masjid” banyak yg suka gunain speaker
oia satu lagi tentang adzan, biar yg kedengeran di speaker itu suara adzan, tapi sebenernya itu yg manggil adalah Allah. Gw aja sebagai manusia ga terima adzan terang”an di anggep mengganggu.. gimana Dia yang memanggil kita?
Yesterday at 8:01pm · Delete
Fina Ardyarini Alamanda
masalah non-muslim, dy harus menerima bukan karena dy harus tunduk sama mayoritas. Lebih tepatnya menghargai ajaran” islam itu.
menurut gw bay, lo hidup di lingkungan yg banyak hal” ga bener dilakuin sama masjid. Yang kayak gtu emang suka ada. (contohnya: teroris). Tapi ga semua begitu.. gw contohnya, gw pernah ngerasain hidup di lingkungan rumah gw (jakarta), kosan gw (jogja), rumah nenek gw (pedesaan sleman).. disana kita saling menghargai kok biar beda agama. Ga ada aksi protes. Mereka malah bersikap ramah sama kita. Begitu juga kita ke mereka.
Contohnya lagi sahabat gw di sini, 2 orang ada yg hindu..mereka menghargai gw tiap kali gw minta break sholat pdhl lgi jalan bareng, mereka juga seneng bgt bwt laksanain bukpus bareng..
Fina Ardyarini Alamanda
di Al-Quran sendiri ada kalimat “untukmu agamamu, untukku agamaku”
bahkan suami yg punya isteri non muslim boleh” aja nganterin isterinya beribadah..
itulah islam yg sebenernya, Indah dan damai.
Jadi jgn karena beberapa contoh kasus ekstrim, trus lo anggep itu jadi kesimpulan..
Mungkin lo twnya org muslim ribut kalo org non beribadah terang”an.. emang ada yg gtu.. tpi lo harus tw dulu biasanya alesannya mereka marah”tu gara” si non ini sering banget ngusik keimanan org muslim. Gw ga mw bahas yg ini terlalu jauh, karena akan membawa nama 1 agama.
Yg gw ga setuju dri semua komen itu ya bay, karena mereka memaklumi adanya tempat” jahanam di Jepang yg negara sekular. Tapi mereka ga mau memaklumi suasana Ramadhan yg meriah di Indonesia yg negera mayoritasnya adalah muslim..
Yesterday at 8:11pm · Delete
Fina Ardyarini Alamanda
kalo masalah bendera.. gw hands up lah..
Wallahualam..
Itu sih tergantung org mw nanggepinnya gmana.. karena itu udah masuk ijtihad masing”..
eh ada yg salah, itu maksud gw tadi “biar yg kedengeran suara ORANG, sebenernya yg manggil itu Allah “
Yesterday at 8:32pm · Delete
Runny Landew
case close xD ………
sumpah, si bayu di notes nya kgak bgini, knapa di sini bgini ,, huahahahaha …………pendapat nya bagus2!!!
AYO BACA QURAN+DENGERIN LAGU NASYID YG GW TULIS YAAAAA ..
*INILAH DEBAT ANAK SMP PUTRA!!!! MANTAB
Yesterday at 8:40pm
Apsha Syawali
firstly, anjis komennya panjang2…
tapi mnurut pendapat gue, menilik perdebatan yang panjang…
gue AGAK setuju ama Bayu (sok kenal… sorry!)
kita gak bisa sampai sebegitu egoisnya memandang hanya dari satu sisi. toh selama ini kita hidup berdampingan dengan orang yang non.
Tapi, emang gak pernah ada hubungan yang jelas antara pelajaran PKN dengan agama.
toh kalo udah menyangkut yang namanya agama, semua orang juga tahu kalo kita harus menomor satukan agama.
intermezzo bentar, gue jadi inget pas waktu presentasi debate… waktu itu, tema presentasi gue pokoknya tentang legalize porn untuk pasangan2 yang mandul (kasarnya kayak gitu) jadi bisa jadi terapi gitu…
nah, awalnya gue sempet ragu tuh… tapi guru pembimbing gue bilang… kalo lu terus bawa nama agama, lu gak akan pernah bisa kelar dan dapetin jawabannya…
mendingan lu abain aja…
nah dari situ, gue tau kalo emang gak pernah ada hubungannya
jadi masalah ini kalau mau dapet jawabannya harus dilihat dari dua sisi.
Yesterday at 9:10pm
Apsha Syawali
satu yang gue tangkep.
disini terlihat banget antara perbedaan pendapat yang kuliah di Indo ama di luar…
yang kuliah di Indonesia mungkin bisa aja lu berkata seperti Runny, Pita atau Fina…
karena ruang lingkupnya stuck disitu
ketika kita mu ngomongin orang yang lagi di luar,, terang aja mereka melakukan pembelaan…
karena mereka pernah merasakan ruang lingkup yang berbeda…
hal ini yang ngebuat gue berpikir panjang lagi…
kalo emang gini, berarti bener pendapat Ketua DKM gue waktu SMA yang jadi temen sebangku gue,,,
kalo lingkungan emang sangat mempengaruhi pandangan seseorang
halah…
bahkan sampai taraf mereka sendiri gag ngerti dan mungkin sebetulnya dalam momen itu terjadi slek antara pembelaan diri dan rindu kampung halaman (tingkat stress tinggi)
ngawur gag sih gue?
Yesterday at 9:17pm
Runny Landew
gak,, sha .. makanya gw berkomentar bgitu, sha *yg di blog – ya karena gw mrasa lingkungan sbagai monoritas islam mau gak mau kita stand alone, right?? jadi ya,, gw juga bingung
gw juga takut salah berkomentar lagi ,, huhu..
Yesterday at 9:21pm
jjjjjjjjjj
kkkkkkkkkk
lllllllll
Fina Ardyarini Alamanda
@apsha: bisa diperjelas, 2 sisi itu apa aja?
hmm.. gw emang ga pernah pergi ke negara yg mayoritas non muslim..tapi gw cukup bisa meraba gimana keadaan dsana. Cz bokap gw juga sering cerita gimana puasa di sana.
Gw juga pernah nimbrung dalam suatu organisasi debat bhsa inggris, mereka dilarang bawa” agama.. karena katanya sih agama itu undebatable.
ia oke, kalau itu berlaku buat debat antara org” beda agama..
misal . motion: mendirikan pabrik bir di samping sekolah
muslim: ga boleh! bir itu dilarang di agama saya
non muslim: boleh boleh aja tuh di agama saya
nahh..susahkan..kitabnya aja beda..
TAPI kalau sesama muslim, yg berguru dari kitab yg sama seharusnya bisa dong didebatin.
kan tdi gw udah bilang, “untukmu agamamu, untukku agamaku”.. masalah suasana Ramadhan yg terang”an bukan untuk maksa org non untuk masuk islam. Tapi untuk memfasilitasi org muslim
Yesterday at 9:24pm · Delete
Fina Ardyarini Alamanda
kalo maksudnya 2 sisi itu muslim dan non muslim..
coba liat di link kompasiana itu.. ada org non-muslim komentar sebelum sruny
ini yg gw bilang..jangan ambil kesimpulan dari satu kasus..karena ada juga yang bisa berpendapat kayak dia..
Yesterday at 9:25pm ·
Bayuwega Madyasta
mega: what the heck?!! afganisme???
cuny: gw sensi deh klo ditanyain soal makanan. tanya aj sm temanmu mega. dy jg ud pernah nanya dan ud gw jawab.
aphsa: hai apsha.. salam kenal.. setuju bgt tuh sm statement ny “lingkungan emang sangat mempengaruhi pandangan seseorang”. yg gw g ngerti,,”sampai taraf mereka sendiri ga ngerti” itu maxud ny ap ya…???? sm yg 2 sisi itu ap aj?
fina: waw. thx bgt atas penjelasan ttg adzan ny. itu sangat bisa gw terima. hmm.. bolelebo…
huuff.. andaikan smwa org muslim bener2 kya yg lo sebutin di atas.. betapa indah ny dunia bkn?
mungkin sbener ny mereka tidak memaklumi tempat2 itu. cuma ya mereka bisa apa? kan mereka cuma minoritas. mereka mw protes pun boro2 protes ny bakal ditanggepin. sama kya mereka yg minoritas di indo trs tmp ibadah ny diusik sm muslim (aduh, g pny contoh lain nih yg kepikiran itu). mereka mw ngmng gmn jg, pemerintah g bakal respon.
Yesterday at 11:43pm
Fina Ardyarini Alamanda
ia bay sama”.. gw juga baru tw kalo ternyata ada muslim yg sejahat itu sama non muslim..
pelajarannya : di manapun kita berada kita harus survive.
Fanatik dalam islam itu boleh banget. Tapi kalau sampe di tahap menzalimi org lain, itu namanya ud kelewat bates..hhe
doain aja, semoga mereka yg masih ketutup hatinya, secepatnya terbuka..
oia bwt apsha, tdi lupa menyapa..salam kenal ya ^ ^
13 hours ago
Dan terhentilah debat itu..
kesimpulannya?
tarik sendiri yah.. Capek nih, copy paste..